05 Maret, 2011

CARA MERINGKAS POSTINGAN PADA BLOG


CARA MERINGKAS POSTINGAN PADA BLOG
Cara meringkas postingan pada blog atau lebih dikenal dengan me read more atau menampilkan selengkapnya itu adalah cara untuk membuat tampilan blog kita lebih ringkas, lebih keren dah pokoknya biar keliatan blogger yang sudah sakti. Tapi selain merubah tampilan lebih ringkas, cara ini juga membuat blog kita lebih ringan saat orang membuka.
Sebelum pembaca lebih muak membaca ocehan saya, mending langsung saja kepada pokok bahasan materi pada hari ini.
1.       Jelas lah harus log in dahulu dan masuk ke dashbor trus cari blog mana yang mau kita edit. Setelah masuk dashbor langsung saja klik rancangan lalu klik edit HTML. Setelah edit HTML dibuka jangan lupa expand widgetnya dicontreng atau diceklis atau apa lah itu.
2.       Bagi yang belum yakin dan tidak terbiasa main di HTML sebaiknya download dahulu templatenya untuk menjaga keamanan, karena siapa tahu materi yang saya berika tidak cocok dengan blog anda.
3.       Cari kode </head>, biar lebih mudah dan cepat gunakan cara cepat dengan ctrl+f. Setelah ketemu lalu gantikan kode tersebut dengan kode di bawah ini :
<script type='text/javascript'>
var thumbnail_mode = "float&quot; ;
summary_noimg = 230;
summary_img = 140;
img_thumb_height = 100;
img_thumb_width = 100;
</script>
<script src='http://blogergadgets.googlecode.com/files/excerpt.js' type='text/javascript'/>
</head>



4.       Setelah kode </head> diganti lalu cari kode selanjutnya, yaitu <data:post.body/> dan ganti dengan kode di bawah ini :
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<data:post.body/>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>
<data:post.body/>
<b:else/>
<div expr:id='&quot;summary&quot; + data:post.id'>
<data:post.body/>
</div>
<script type='text/javascript'>
createSummaryAndThumb(&quot;summary<data:post.id/>&quot;);
</script>
<div style='clear: both;'/>
<span style='padding-top:5px;;float:right;text-align:right;'><a expr:href='data:post.url' rel='bookmark'><b>Read more >></b></a></span>
</b:if>
</b:if>

Tampilan read more bisa anda ganti denga selengkapnya atau apalah semaunya dengan merubah kata read more pada kode di atas.

5.       Nah kalo semua proses di atas sudah maka langsung simplan template, tapi bisa juga anda pratinjau lebih dulu untuk melihat keberhasilan pengeditan blog anda.
semoga berhasil dan bermanfaat, sekian materi hari ini apabila ada kendala dalam proses maka banyak-banyaklah berdoa dan memohon petunjuk kepada Tuhan. Terimakasih atas kunjungannya, jangan kapok belajar bersama riobelajar.

selengkapnya >>

01 Maret, 2011
















selengkapnya >>