MANAJEMEN KECIL
DALAM SEBUAH PERJALANAN BERKENDARA
contoh helmet yang tidak layak untuk safety riding |
Berbicara tentang etika kah, tata tertib kah,
apapun itu yang berhubungan dengan safety riding, maka akan
tidak jauh juga dengan etika yang harus dilakukan dalam aktivitas lainnya. Seperti
dalam aktivitas olah raga alam bebas atau dalam pendakian yang biasa saya
lakukan utuk menghilangkan penat, maka ketika mau dan melaksanakan perjalanan
dengan kendaraanpun itu tidak akan jauh berbeda. Adapun
beberapa yang perlu kita butuhkan dan siapkan adalah mengenai Manajemen
Perjalanan, Orientasi Medan, Navigasi Darat, P3k, Perlengkapan dan Perbekalan.
Dan manajemen perjalanan selalu saya terapkan untuk melakukan perjalanan
apapun, bukan saja ketika mau mendaki gunung yang memiliki kondisi lingkungan
yang sedikit ekstrim, nah sebenarnya jalanan itu merupakan lingkungan yang
ekstrim dan disana sangat rawan sekali. Suatu bukti banyak nyawa dan kejadian
yang tidak diinginkan itu terjadi di jalan raya. Maka sebelum melakukan
perjalanan atau berkendara maka perlu sekali kita memanajemen terlebih dahulu.
I.
Rencana
Perjalanan
Dalam manajemen perjalanan maka kita harus
tau apa itu rencana dan bagaimana rencana perjalanan dan dalam penyusunan
rencana kita harus tahu, antara lain:
1. Tempat Tujuan
Nah di sini
kita mesti mencari tau informasi tentang tujuan yang akan kita tuju. Informasi
itu bisa didapat dari berbagai sumber seperti literatur, media massa, orang
yang pernah melakukan perjalanan yang sama dan banyak yang lainnya. Adapun
informasi yang kita perlukan antara lain:
- Rute-rute yang
ada, yang mana nih yang mau kita pilih, tentunya yang paling efektif, efisien
dan aman tentunya.
- Keadan medan,
ini sangat penting ketika mau melakukan perjalanan di Desa-desa yang ada di
Indonesia utamanya. Ini sangat berguna karena menurut pengalaman akses jalan
yang ada menuju desa-desa di Kabupaten Ciamis agak sedikit ekstrim, kita mesti
pintar-pintar memilih rute, karena medannya selain naik turun, jalannya pun
rusak bahkan ada beberapa yang belum mengenal aspal. Sangat berbahaya dan bisa
mengakibatkan kecelakaan lalu-lintas bagi
pengendara pemula seperti saya.
- Keadaan
masyarakat yang kita lintasi atau kita tuju, kebiasaan dan masyarakat indonesia
itu beragam, ada yang ramah, bahkan ada juga yang sangar-sangar, ini penting
juga karena menurut pengalaman ada beberapa cara yang mesti kita lakukan saat
bertanya kepada seseorang, misalnya dengan membuka helm, matikan motor lalu
turun dari motor terlebih dahulu sebelum mengucap salam dan bertannya, dan jika
tidak seperti itu bukannya kita mendapatkan informasi yang benar, malah kita
mendapat informasi yang bisa menyusahkan bahkan mencelakakan diri kita dalam
perjalanan.
2. Waktu Perjalanan
dan Jarak Perjalanan
Memperkirakan waktu
perjalanan perlu dilakukan. Ini sangat berguna untuk mempersiapkan kondisi
fisik, perbekalan, bahan bakar, kondisi kendaraan. Dan yang perlu kita perhatikan juga adalah keadaan musim dan
cuaca pada saa itu.
3. Anggota atau Peserta
yang Ikut
Kita mesti tau
dan sadar bersama siapa kah kita akan melakukan perjalanan. Ini akan
berhubungan dengan bagaimana cara kita berkendara, karena anak-anak, remaja,
dan orang tua bahkan lanjut usia itu berbeda berkaitan cara kita berkendara.
Selain itu ini akan berhubungan juga dengan pembagian tugas (kayak apa za ya
ada pembagian tugas), tapi ini penting banget untuk melakukan perjalanan jauh. Siapa
saja nanti akan yang mengemudi, dan bagaimana cara membagi tugasnya, karena
tidak bisa dipungkiri stamina orang-orang itu tidak seperti robot yang selalu
kuat.
II.
Persiapan
Perjalanan
1. Mental dan
fisik
Perbuatan nekad
sering terjadi karena ketegangan dan panik. Oleh karena itu kondisi mental yang
baik mutlak menjadi hal yang penting dalam suatu perjalanan atau berkendara.
Kondisi fisik juga harus sesuai dengan medan yang akan dihadapi. Dan perlu
diperhatikan juga adalah proses aklimatisasi (penyesuaian suhu tubuh terhadap
lingkungan), karena seringkali dalam suatu perjalanan menggunakan motor akan
berhadapan dengan suhu dan iklim yang sedikit ekstrim. Dan hal yang sangat
penting dalam suatu perjalanan menggunakan kendaraan adalah pengemudi itu mesti dalam kondisi fisik yang fit, jangan
sampai mengemudi dalam keadaan sakit, mengantuk, dibawah engaruh alkohol,
karena selain dapat merugikan kita sebagai pengendara itu juga dapat merugikan
pihak lain yang ada disekitar kita seperti pengendara lainnya, pengguna jalan,
bangunan baik itu rumah, warung atau bangunan dan lingkungan lainnya yang ada
di sekitar jalan.
Selain dari
manusia ataupun pengendara sendiri jangan lupa juga harus adanya pengecekan
kondisi kendaraan yang akan kita gunakan. Pengecekan ini bisa
dilakukan bengkel terdeka atau jika punya keterampilan dalam hal otomotif bisa
dilakukan sendiri, dianjurkan pengecekan dilakukan terhadap semua komponen
motor, karena selain fisik atau bodi penting sekali pengecekan terhadap mesin.
Bagian yang rawan dan prioritas di cek antara lain : kondisi ban, rem, rantai,
baud-baud, lampu.
2. Pengetahuan dan
Keterampilan
Banyak sekali kecelakaan lalu-lintas terjadi diakibatkan pengetahuan dan
keterampilan pengemudi dalam berkendara dan dan mengenai kondisi kendaraan yang kurang. Setiap pengendara ataupun orang yang berhubungan
dengan suatu perjalanan dalam kendaraan setidaknya
menguasai pengetahuan dasar berkendara, antara lain rambu-rambu lalu lintas,
kapasitas kendaraan yang kita gunakan, kondisi mesin kendaraan, keterampilan mengendara pada berbagai medan dan kondisi
lingkungan.
3. Administrasi
Administrasi
disini tidak akan jauh beda dengan kegiatan lainya, karena kan berhubungan
dengan surat-suratan. Selain sebagai pengemudi meski memiliki SIM (surat izin
mengemudi), pengemudi juga mesti melengkapi surat-surat kendaraan yang digunakan seperti STNK dan BPKB, karena selain sebagai warga
negara yang baik ketika ada rajia atau operasi yang diadakan Polisi lalu-lintas
maka akan celaka juga “alias kena tilang” itu akan bisa lumayan merogoh kocek
kantong, tapi yang paling penting itu akan menyita waktu anda.
SIM, STNK dan BPKB sebagai pelengkap administrasi berkendara |
1. Peralatan dan
Perlengkapan
Persiapan
perlengkapan merupakan awal perjalanan itu sendiri. Perlengkapan kegiatan
berkendara sangat penting dan erat hubungannya dengan keselamatan pengendara.
Tapi tenang saja karena untuk mendapatkan peralatan tersebut tidaklah sulit,
karena banyak tersedia di toko ataupun dari pedagang di pinggiran jalan. Adapun
peralatan dan perlengkapan yang perlu dikenakan antara lain:
- Helmet, ini
mesti sungguh-sungguh helmet, jangan cuman buat gk kena tilang alias “takut pak
polisi”. Minimal helmet standar yang sudah masuk dalam SNI.
- Jaket, ini
sangat berfungsi dalam menahan hembusan angin yang dapat menyerang daya tahan
tubuh anda. Selain itu jaket ini akan melindungi tubuh kita ketika terjatuh,
paling tidak dapat memperingan sakit.
- Celana panjang,
ini tidak jauh beda berfungsi seperti jaket namun ini melindungi bagian bawah
atau kaki.
- Sepatu,
perlengkapan ini juga diusahakan mesti dipake karena untuk melindungi kaki
kita.
- Sarung tangan,
selain untuk menghindari dari sengatan matahari yang dapat membuat kulit kita
gosong, sarung tangan ini melindungi juga saat kita terjatuh.
- Mantel atau
rain coat, ini sangat penting dibawa ketika musim hujan.
- Body protector,
perlengkapan ini walaupun didesain untuk pengendara motor cross tapi bisa juga
dipake oleh pengendara dijalan raya, karena selain untuk menahan angin juga
untuk menahan dari benturan.
- Kunci-kunci dan
dongkrak atau perlengkapan bengkel, penting sekali peralatan ini dibawa apalagi
dalam perjalanan jauh atau menuju tempat yang jauh dari pemukiman atau bengkel
seperti desa terpencil atau bahkan hutan.
- Cadangan suku
cadang, tentu tidak semua sku cadang bisa dibawa, tapi paling tidak suku cadang
yang memang rawan rusak dan mudah untuk dibawa, seperti busi, sambungan atau
kancing rante, ban serep untuk mobil dan suku cadang lainnya deh.
- Sabuk pengaman,
ini sangat penting untuk pengendara roda empat atau mobil.
- Segitiga
pengaman, ini biasa digunakan saat keadaan mobil sedang mogok ataupun harus berhenti
di jalan.
perlengkapan berkendara persi riobelajar |
Ada
juga perlengkapan yang dilarang untuk digunakan, seperti dalam UU No 22 Tahun
2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Umum pada pasal 58 yang berbunyi “Setiap Kendaraan Bermotor yang dioperasikan di Jalan dilarang memasang
perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas”.
1. Makanan atau
Bekal
Memang agak
lucu kedengarannya, tapi ini sangat penting untuk perjalanan jauh, selain bisa
lebih irit, ini juga akan menambah pengalaman atau kesan tersendiri. Bisa
celaka juga memang ketika perut kita kosong dan tidak ada warung atau tempat
makan, ini khususnya bagi penderita magh, jadi perbekalan juga penting dan
berpengaruh terhadap tingkat kecelakaan lalu-lintas.
2. Packing
Kenyamanan
berkendara juga tergantung bagaimana kita ngepack barang yang kita bawa dan ada
pada kendaraan. Dan ketika packing kita tidak benar maka
akan mengganggu kenyamanan berkendara dan dapat juga menimbulkan kecelakaan lalu-lintas.
3. Anggaran Biaya
Bagi yang hidupnya
sedikit pas-pasan “maaf ya” ini sangat penting. Kita mesti merinci secara
detail barapa perkiraan biaya yang akan kita keluarkan mulai dari bahan bakar kendaraan, untuk makan, dan biaya-biaya lain yang diperlukan, kita juga
mesti ada anggaran untuk biaya tak terduga.
I.
Sekenario
Operasi
Yang dicantumkan dalam sekenario operasi adalah:
1. Peta Lintasan
Peta ini memberikan tentang informasi jalur lintasan yang
digunakan, akan lebih bagus jika dilengkapi dengan informasi dimana saja
terdapat POM bensin, tempat makan, tempat instirahat, tempat yang rawan dan
berbahaya, keterangan medan. Untuk yang ekonominya bagus bisa juga dengan
menggunakan GPS.
2. Jalur Evakuasi
atau Jalur Alternatif
Jalur ini jalur yang digunakan untuk membawa korban ketika ada
yang terjadi kecelakaan, juga bisa digunakan untuk memotong jalan karena jalan
utama macet, atau ada kegiatan yang menghadang.
3. Perhitungan
waktu
Berdasarkan peta lintasan, maka dibuatkanlah perhitungan waktu.
Disini kita buat skema perjalanan, berapa waktu yang dibutuhkan untuk melakukan
perjalanan, dihitung juga waktu istirahat dan yang lainnya.
II.
Laporan
Perjalanan
Ini memuat
semua hasil perjalanan yang telah kita lakukan, laporan ini bukanlah suatu yang
formal atau bagaimana seperti laporan yang lainnya. Laporan yang saya maksud
disini adalah evaluasi dari perjalanan yang kita jadikan pelajaran untuk
perjalaan kita khususnya, dan alangkah baiknya jika kita bisa mempublikasikan
laporan atau pengalaman kita dalam bentuk tulisan yang bisa diakses oleh banyak
orang. Hal kecil tapi sangat bermanfaat karena itu bisa menjadi literatur bagi
orang lain untuk melakukan perjalanan dengan berkendaraan. Ini kan salah satu tugas blogger untuk memberi informasi
terhadap orang banyak.
Nah perlu kita
ketahui bahwa safety riding itu bukan saja
mengutamakan dan menghindar dari sebuah kecelakaan lalu-lintas, tapi hal yang sangat penting adalah
kenyamanan berkendara bagi kita sebagai pengendara khususnya dan pada umumnya
bagi pengendara lainnya, pengguna jalan lainnya, jalan ataupun lingkungan.
Tidak bisa dipisahkan memang antara manusia, kendaraan, jalan atau lingkungan, karena semuanya memiliki hubungan yang
sangat erat dalam sebuah perjalanan. Seperti dikatakan dalam UU No 22 tahun
2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan bahwa “keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan adalah suatu terhindarnya
setiap orang dari risiko kecelakaan selama berlalu lintas yang disebabkan oleh
manusia, kendaraan, jalan, dan / atau lingkungan”.
Jangan pernah juga punya pemikiran kalau kalian ini memenuhi tata tertib dan peraturan itu hanya untuk menghindari dari hukuman, tapi harus punya pemikiran semuanya untuk safety riding.
“Ingat Jalanan tak mungkin ditaklukan,
Manusia hanya mampu menyelaraskan dirinya dengan jalanan atau
lingkungan,
Jelajahilah jalanan dengan kerendahan hati dan ketinggian budi
pekerti”
Brosur keselamatan berkendara bag 1dari PT Astra Honda Motor |
Brosur keselamatan berkendara bag 2 dari PT Astra Honda Motor |
Nah ini adalah hasil dari wawancara dengan
beberapa responden yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia dengan
menggunakan Facebook. Di bawah ini adalah jawaban dari pertanyaan yang
berkaitan dengan ritual atau kebiasaan yang biasa dilakukan sebelum berkendara,
pengalaman kecelakaan dalam berkendara, faktor penyebab kecelakaan versi
responden, dan tips atau pesan untuk para pengendara supaya mereka selamat
dalam perjalanan. Tulisannya memang sedikit unik karena banyak bahasa dan
penulisan yang disingkat, karena ini asli di copy paste dari chat yang
merupakan fasilitas yang digunakan untuk wawancara terhadap responden.
Figi Ala Gita (KALBAR)
- Pengalaman kecelakaan
: liat jln mulus ngebut tidak kira-kira,tiba-tiba pas jembatan ada lobang kecil
sih, hilang kendali dan jatoh, celna sama jaket sobek.
- Tips : Santai saja
bawa kendaraannya dan konsentrasi saja
sama jalan
Diah Ayu
Lestari (LAMPUNG)
- Pengalaman kecelakaan
: gara-gara lupa kasih lampu sen waktu mau belok kanan
- Tips : intinya
pake helm standar, kalo bisa pake jaket, kalo bawa mobil jangan lupa pake sabuk
pengaman
Depi Natalia (KALTENG)
- Pengalaman
Kecelakaan : kecelakaan pertama, gara2 didahului oleh mobil yg mau belok... yang
kesdua dan seterusnya kurang hati2...ngerem mendadak...
- Tips : kalo
naik motor usahakan sebisa mungkin ga menggunakan hp, konsentrasi penuh, kalo
bs abaikan kata2 orang yg lg boncengan sm kita (kalo ga perlu2 amat) krn itu jg
ganggu konsentrasi, kalo blm punya SIM mending cpt bkn dech...ntr kalo
kecelakaan malah bakalan ribet masalahnya, kalo lg hujan usahakan bawa motornya
pelan2 az aplg kalo ban nya gundul itu sangat bahaya,,,
Inakrisna Utomo (KALTIM)
- Pengalaman
Kecelakaan : 2x sch yg prtama sktr 2 thn yg lalu akibat angkot yg ngrem
mendadak bt ngmbil penumpang nach aq yg
dbelkangx ga s4 ngrem jd nabrak bemper belkg nach aq dtabrak sma mbil yg
blakang, Yg k2 sktr 2 bln yg lalu akibat dpotong jln ma motor yg belok ga pke
tanda jd lgsng ngrem mendadak. Jatuh dch
- Cerita : Klo aq
slama nie byk dgr sch crita yg akibt kcelakaan krna tlp n sms... stuju bgt tu ma praturan yg ngasih denda bt
tlp n sms...
- Tips : Jgn telp
n sms smbl djln slain mengganggu pngguna jln yg lain alias mnghambat jg
mmbahayakn diri sndiri.
Novi etika
fight (YOGYAKARTA)
- Pengalaman
Kecelakaan : pernah jatuh gara2 ngebut,hehe..
- Penyebab Kecelakaan
Persi Novi : 1.ngebut, 2. tdk mematuhi aturan lalu lintas (marka jalan, traffic
light)
- mengurangi
kecepatan berkendara n lebih patuh lalu lintas. yg dulu aq berani kec 90-100..n
kec biasa 60-70...kalo terpaksa mau ngebut (terutama yg cewek) harus
perhitungan jg,,jgn asal ngebut..kalo mau nyelip(mendahului) harus sopan n
hati2
Nyonk an
forestry (MALUKU UTARA)
- Pengalaman Kecelakaan
: itu waktu ngebut malam miggu biasa ada balapan liar...sampe skarng
aja,,,klo berkndaraan nggak bisa lama2
megang stir motor ,,soalnya keram tangan aku
- Tips : intinya
hati2 aja n yg pling pnting jng ngebut
patuji rambu lalu l;intas,,,n jga perlngkapan berkndaraan dalam hal ini helm n
lain2
Silvy Jabar (KALTIM)
- Ritual sebelum
berkendara : ada baca doa sebelum brangkta n memohn keselamatan
- Pengalaman
Kecelakaan : karna jalanya yang licin berkerikil karna truk pengangkut bhn
proyek dan remnya yang ga makan
- Penyebab Kecelakaan
: kondisi mtr yang tak stabil, kebanyakan sih bnyak faktor,,,tapi yang paling
penting faktor si pengendaranya kak yng pling utma mnurut q,,,
- sebelum menaiki
kendaraan cek dulu kondisi mtr smuanya,
jngn mengendarai motr dalam keadaan ngantuk
Lintang Praba
Rinjani (JATIM)
- Pengalaman
Kecelakaan : ditbrak dari depan,,sama2 naik motor,,, intinya yang nabrak tadi
ngehindari jalan yang berlubang,,,eh tapi malah nabrak motor yng ad di
depannya,,,
- Penyebab Kecelakaan
: kebanyakan sih bnyak faktor,,,tapi yang paling penting faktor si
pengendaranya kak yng pling utma mnurut q,,,
- Tips : ikuti
peraturan yang ad aj,,,biar agak ribet pake ini lah itu lah,,,tapi peraturan
berkendara yang ada kan dibuat untuk kebaikan bersama,,,
Vey Thea (JABAR)
- Ritual sebelum
Berkendara : kadang kadang gimana lg ingetnya aja, biasanya kalo inget ya baca
basmallah niat dlm hati tapi sering lupa si
- Pengalaman
Kecelakaan : dengan motol yang br ku pake di tikungn jatuh gra2 mtornya memiliki
dobel cakram, dan blm knal mtorny......trus yang kedua aku ngantuk di tikungan
saat kendarai mobil bawa barang dagangan, ya nyenggol mobil lain dah....pas
lagi mudun bawa vespa sesvan rem tiba-tiba blong sampe2 nbrak pupuk kndang d
pnggir jln.
- Tips : inti
tips dari saya intinya saya salut dengan filmnya thecangcuter, the tarikjabrig,
kesadaran intinya mah buat keselamatan sendirinya memakai helm dan taati lalu
lintas yang lainya....tak lupa TT DJ ROMA IRAMA,,,,,atri ati di jalan salam ka
ema
Misra Syarif
Forester (PALU)
- Pengalaman
Kecelakaan : tu mobil khn dari lorong mo msuk k jalan besar....langsung aja
msuk gk liat2 dlu..aku khn berda d jln besar,,kira'in tu mobil mo ngerem,,ekh
malah langsung msk..aku rem sich,,tp dh gak smpt,,coz dah terlalu dekat...ekh
tabrakan de..
- Penyebab
Kecelakaan : ya..karena kurang hati-hati...
- Tips : buat
mereka para pngndara..yach hati2 aja de..jgn ngebut2,,jgn mengambil jln org
lain..n ikuti aja peraturan jaln...
Fitra
Palembanica Bengkuluensis (BENGKULU)
- Pengalaman
Kecelakaan : sebelum jatuh ada dapat sms...dalam kaadaan kencang jalan pun
bnyak lubang ( waktu itu d dkat lubang ada gundukan koral) ujang ambil hp d
kantong celana pas lg baca motor oleng,motor lari arah gundukan,,nabrak n jatuh
deh
- Penyebab
Kecelakaan : kesalahan pribadi......fsilitas lalu lintas
- Tips : pakai
alat keamanan yang suda SNI saat mengendrai motor,,patuhi rambu2 llu lintas..kalau
ada telepon or sms berhenti dulu...
Rhiena Aza (BENGKULU)
- Pengalaman
Kecelakaan : intinya itu karna gx hati2....sebabnya yach karna gx menaati
peraturan lalu lintas,,,,,,kami berboncengan
- Tips : ati2 za
deh klo berkndara, jgn lpa jga taati praturan n ingat jngn gra2 tkut d tlang,
tp untuk kslmtan.
Novianti Mira (PADANG)
- Pengalaman
Kecelakaan : jatoh gara2 jalan licin.....paling dari kondisi ban kali ya yang
udah licin jga,w nya kurang hati2 bisa jadi
- Penyebab Kecelakaan : faktor utamanya saya kira tergantung dari kesadaran si pengendara terhdap peraturan yang telah ada
- Penyebab Kecelakaan : faktor utamanya saya kira tergantung dari kesadaran si pengendara terhdap peraturan yang telah ada
- Tips : periksa kendaraan n perlengkapan sblum brgkt, n patuhi peraturan.
Febrina Baroez (SUMATRA UTARA)
Selain gk pnya kndaraan, aq jga gk bisa bawa kndaraan,
- Pengalaman
Kecelakaan : Aq gak prnah celaka krna sapa yg bw aq.. q cerewetin trus..
- Penyebab
Kecelakaan : gak hati2.. jalannya rusak.
- Tips : ya hati2
lah klo berkendaraan.. jgn bergadget
klo lg berkendara.. mw itu nelfon atw sms an.. palagi maen pesbuk..
Elvi Syahri (RIAU)
- Ritual sebelum
Berkendara : plg cm bca bismillah
- Pengalaman
Kecelakaan : tak sdar jg wkt itu, tba2 da d rmh skit,,,, tpi kykna kurg
hti2....
- Tips : sblm
brkt jan lp baca doa.....turz krgi kecptan n jagn maen hp
Cherly de
Fretes (MALUKU)
- Pengalaman
Kecelakaan : aq blm penah tuh, soal a aq gk ska brkendara.....hehehehe..
- Penyebab
Kecelakaan : tidak bs kendalikan diri. ingin cari perhatian,..
- Tips : mampu
kendalikan diri,jangat ngebut karna jalan hidup masih panjng, takut Tuhan.
Gino Drismayano SHut (BANGKA
BELITUNG)
- Ritual Sebelum
Berkendara : baca doa
- Pengalaman
Kecelakaan : nyalip mobil dtikungan, taunya depan ada mobil yg berlainan arah,
jadi banting kanan dan masuk saluran air pinggir jalan.
- Penyebab
Kecelakaan : nyebrang, nyalip, belok tanpa lihat kanan kiri
- Tips : disiplin
n ikuti prosedur dan aturan berkendara... serta baca doa menurut agama dan kepercayaan
masing2 sebelum berkendara
Banyak sekali inti atau pelajara yang bisa
kita ambil dari beberapa hasil wawancara denga responden. Dan mudah-mudahan
tulisan ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi safety riding. Awali dengan do’a,
rencanakan, cek kembali, lengkapi perlengkapan, hati-hati, kontrol kecepatan,
kenali medan, tertib, disiplin, konsentrasi, tenang, ramah, sopan, dan masih
banyak yang lainnya. Selamat jalan dan selamat mencoba...........!
Bagus sekali postingannya. Lengkap dan informatif. Semoga sukses....
BalasHapusiy sip makasih banyak, sasaran paling utama adalah informasi ini dapat bermanfaat, dan adanya silaturahmi antar blogger....!
BalasHapusinformasi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar kita,,jadi bukan hanya di blogger saja...
BalasHapusokeh deh thanks suportnya.....!
BalasHapusinformasi yg berguna :)
BalasHapussip,,, mudahan bisa berkreasi lagi di tulisan-tulisan selanjutnya...
BalasHapusthanks buat infonya...
BalasHapusbermanfaat banget apalagi buat pengendara pemula..
sukses ya....
Bagus tulisannya...thanks infonya :)
BalasHapustp..Yaaach...hasil wawancaranya dimuat semua dengan apa adanya...hahahaha..salut dech...:D
like this ..
BalasHapusinfo yang baik :)
siip siip..
BalasHapusprepare heula saacan mangkat perlu pisan..
bukan ketika mau bawa motor ato mendaki saja..
tp dalam segala hal juga d perlukan prepare..
d tunggu tulisan lanjutannya..
Postingan bagus. Selamat. Semoga sukses...
BalasHapussiiipp bgt deh postingannya jadi malu liat punya sendiri hihihi
BalasHapussiiip...
BalasHapusi like it...
smga bsa bermanfaat..
bagi pembaca yang blum pernah kecelakaan...
Mari kita bersama-sama mengkampanyekan gerakan safety riding
BalasHapuskomplit banget bro... sumpah, semoga tulisan ana yang menang
BalasHapusgood luck.
BalasHapus
BalasHapussaya mendukung safety riding sobat...
safety riding untuk keselamatan bersama.
ditunggu kunjungannya..
http://inifu.blogspot.com/2011/01/utamakan-safety-riding-untuk.html
lengkap dengan wawancara dari narasumber di berbagai daerah hebat hebat...
BalasHapusjangan lupa mampir www.marketplus.co.id
he em lengkap banget, informasi yang bagus :)
BalasHapuswah mas rio mentep banget tulisannya..
BalasHapusebat..salut deh buat mas yang satu ini..
di tunggu ya
http://chfajrin.wordpress.com/2010/12/21/berkendara-keselamatan-dan-tata-krama/
BalasHapusJika setiap pengendara selalu menerapkan safety riding, kecelakaan pasti semakin berkurang.
Ditunggu komentar baliknya ...
1. Utamakan Safety Riding Untuk Keselamatan Bersama
2. Jaga keselamatan Anak Dengan Safety Riding
mantapz n trs b'krya,,
BalasHapusinfo lbh lnkap!!!
Tulisana sae pisan...raos lah. Sistematis oge. Calon (tos janten panginten) manager yeuh
BalasHapussalam kenal ti urang kuningan oge
http://solihudinsolih.blogspot.com/
thanks semuanya.....
BalasHapusmudahan kita semua menjadi manusia yang termasuk kedalam golongan manusia yang berguna bagi orang banyak..........
AYo Bermain Bersama Kami hanya di www.mariobola,info
BalasHapusHOT PROMO :
- Bonus Deposit Setiap Hari 10% (max 100 Rb) Minimal TO 2x
- Bonus Cashback Mingguan Di Sportbook 5% - 15%
- Bonus Refrensi Mingguan Di Permainan Sportbook 2,5%
- Bonus Rollingan Mingguan Sportbook Refferal 0,1%
- Bonus Rollingan Casino 0.8%
kami menyediakan berbagai jenis Games , seperti :
-Sport
- Tangkas
-Togel
- Live Casino
- Poker
- Slot
- Sabung Ayam
- Tembak Ikan
Mainkan Dan Dapatkan BOnus nya sekarang juga
WEBSITE www.mariobola(dot)info
WA Untuk Pendaftaran ya bosku ^^
083161896684
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus