homephoto grallerybuku tamulinktentang kamihome

26 Juni, 2013

shp to gpx

CONVERT shp (shapefile) to gpx (GPS Exchange Format)
oleh: Laurio Leonald

shp adalah salah satu format file yang dihasilkan oleh aplikasi GIS seperti ArcView GIS, ArcGIS, dll. data atau file tersebut biasanya didapat dari data yang sudah dientri ke dalam bentuk excel ataupun hasil analisis atau edit oleh aplikasi GIS tersebut. format shp baik itu line atau waypoint biasanya diperlukan untuk dimasukan ke dalam beberapa software seperti MapSource, SMART, dan device seperti GPS.

Pada tulisan ini hanya akan dijelaskan bagaimana cara mengconvert/konversi dari shapefile ke gpx dengan menggunakan softwae DNR GPS. Berikut ini adalah caranya:

1. buka DNR GPS dengan cara klik 2 kali pada file dnrgps
2. setelah DNR GPS berhasil dibuka, maka buka file - load from - file
3. pada jendela load file from, pilih file of type : ESRI shapefile, lalu pilih file yang akan diconvert
4. setelah file kebuka, selanjutnya save data dengan cara klik file - save to - file
5. setelah muncul jendela save to file, pilih save as type : GPX Exchange Format
6. isi file name : dengan nama yang diinginkan, dan pilih folder penyimpanannya
7. setelah diberi nama maka simpan file tersebut dengan cara klik save

Setelah semua tahapan ini semuanya dilakukan maka bisa dicoba file gpx hasil convert sudah berhasil apa belum. mudah-mudahan tulisan yang singkat ini dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan, bahkan membantu untuk menyelesaikan masalah convert shp ke gpx yang dijumpai.
free download dnrgps

 
Software DNR GPS merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuka file ESRI Shape, Google Keyhole Markup Language, GPS Exchange Format, Text (comma-delimited), Text file (tab-delimited), Mapinfo File, Geography Markup Language, dan Geo JawaScript Object Nation. Selain dapat membuka software DNR GPS dapat mengconvert antara file-file tersebut.

Setelah didownload software ini yang merupakan software portable (tidak usah diinstal) mungkin akan menjumpai kendala tidak bisa dijalankan dan minta untuk diinstal .NET 4 Framework, maka dapat mendownload aplikasi tersebut di sini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar