29 Desember, 2010

manajemen kecil dalam sebuah perjalanan berkendara



MANAJEMEN KECIL 
DALAM SEBUAH PERJALANAN BERKENDARA
contoh helmet yang tidak layak untuk safety riding
Berbicara tentang etika kah, tata tertib kah, apapun itu yang berhubungan dengan safety riding, maka akan tidak jauh juga dengan etika yang harus dilakukan dalam aktivitas lainnya. Seperti dalam aktivitas olah raga alam bebas atau dalam pendakian yang biasa saya lakukan utuk menghilangkan penat, maka ketika mau dan melaksanakan perjalanan dengan kendaraanpun itu tidak akan jauh berbeda. Adapun beberapa yang perlu kita butuhkan dan siapkan adalah mengenai Manajemen Perjalanan, Orientasi Medan, Navigasi Darat, P3k, Perlengkapan dan Perbekalan. Dan manajemen perjalanan selalu saya terapkan untuk melakukan perjalanan apapun, bukan saja ketika mau mendaki gunung yang memiliki kondisi lingkungan yang sedikit ekstrim, nah sebenarnya jalanan itu merupakan lingkungan yang ekstrim dan disana sangat rawan sekali. Suatu bukti banyak nyawa dan kejadian yang tidak diinginkan itu terjadi di jalan raya. Maka sebelum melakukan perjalanan atau berkendara maka perlu sekali kita memanajemen terlebih dahulu.

I.      Rencana Perjalanan
Dalam manajemen perjalanan maka kita harus tau apa itu rencana dan bagaimana rencana perjalanan dan dalam penyusunan rencana kita harus tahu, antara lain:
1.    Tempat Tujuan
Nah di sini kita mesti mencari tau informasi tentang tujuan yang akan kita tuju. Informasi itu bisa didapat dari berbagai sumber seperti literatur, media massa, orang yang pernah melakukan perjalanan yang sama dan banyak yang lainnya. Adapun informasi yang kita perlukan antara lain:
-       Rute-rute yang ada, yang mana nih yang mau kita pilih, tentunya yang paling efektif, efisien dan aman tentunya.
-       Keadan medan, ini sangat penting ketika mau melakukan perjalanan di Desa-desa yang ada di Indonesia utamanya. Ini sangat berguna karena menurut pengalaman akses jalan yang ada menuju desa-desa di Kabupaten Ciamis agak sedikit ekstrim, kita mesti pintar-pintar memilih rute, karena medannya selain naik turun, jalannya pun rusak bahkan ada beberapa yang belum mengenal aspal. Sangat berbahaya dan bisa mengakibatkan kecelakaan lalu-lintas bagi pengendara pemula seperti saya.
-       Keadaan masyarakat yang kita lintasi atau kita tuju, kebiasaan dan masyarakat indonesia itu beragam, ada yang ramah, bahkan ada juga yang sangar-sangar, ini penting juga karena menurut pengalaman ada beberapa cara yang mesti kita lakukan saat bertanya kepada seseorang, misalnya dengan membuka helm, matikan motor lalu turun dari motor terlebih dahulu sebelum mengucap salam dan bertannya, dan jika tidak seperti itu bukannya kita mendapatkan informasi yang benar, malah kita mendapat informasi yang bisa menyusahkan bahkan mencelakakan diri kita dalam perjalanan.

2.    Waktu Perjalanan dan Jarak Perjalanan
Memperkirakan waktu perjalanan perlu dilakukan. Ini sangat berguna untuk mempersiapkan kondisi fisik, perbekalan, bahan bakar, kondisi kendaraan. Dan yang perlu kita perhatikan juga adalah keadaan musim dan cuaca pada saa itu.

3.    Anggota atau Peserta yang Ikut
Kita mesti tau dan sadar bersama siapa kah kita akan melakukan perjalanan. Ini akan berhubungan dengan bagaimana cara kita berkendara, karena anak-anak, remaja, dan orang tua bahkan lanjut usia itu berbeda berkaitan cara kita berkendara. Selain itu ini akan berhubungan juga dengan pembagian tugas (kayak apa za ya ada pembagian tugas), tapi ini penting banget untuk melakukan perjalanan jauh. Siapa saja nanti akan yang mengemudi, dan bagaimana cara membagi tugasnya, karena tidak bisa dipungkiri stamina orang-orang itu tidak seperti robot yang selalu kuat.

II.    Persiapan Perjalanan
1.    Mental dan fisik
Perbuatan nekad sering terjadi karena ketegangan dan panik. Oleh karena itu kondisi mental yang baik mutlak menjadi hal yang penting dalam suatu perjalanan atau berkendara. Kondisi fisik juga harus sesuai dengan medan yang akan dihadapi. Dan perlu diperhatikan juga adalah proses aklimatisasi (penyesuaian suhu tubuh terhadap lingkungan), karena seringkali dalam suatu perjalanan menggunakan motor akan berhadapan dengan suhu dan iklim yang sedikit ekstrim. Dan hal yang sangat penting dalam suatu perjalanan menggunakan kendaraan adalah pengemudi itu mesti dalam kondisi fisik yang fit, jangan sampai mengemudi dalam keadaan sakit, mengantuk, dibawah engaruh alkohol, karena selain dapat merugikan kita sebagai pengendara itu juga dapat merugikan pihak lain yang ada disekitar kita seperti pengendara lainnya, pengguna jalan, bangunan baik itu rumah, warung atau bangunan dan lingkungan lainnya yang ada di sekitar jalan.
Selain dari manusia ataupun pengendara sendiri jangan lupa juga harus adanya pengecekan kondisi kendaraan yang akan kita gunakan. Pengecekan ini bisa dilakukan bengkel terdeka atau jika punya keterampilan dalam hal otomotif bisa dilakukan sendiri, dianjurkan pengecekan dilakukan terhadap semua komponen motor, karena selain fisik atau bodi penting sekali pengecekan terhadap mesin. Bagian yang rawan dan prioritas di cek antara lain : kondisi ban, rem, rantai, baud-baud, lampu.

2.    Pengetahuan dan Keterampilan
Banyak sekali kecelakaan lalu-lintas terjadi diakibatkan pengetahuan dan keterampilan pengemudi dalam berkendara dan dan mengenai kondisi kendaraan yang kurang. Setiap pengendara ataupun orang yang berhubungan dengan suatu perjalanan dalam kendaraan setidaknya menguasai pengetahuan dasar berkendara, antara lain rambu-rambu lalu lintas, kapasitas kendaraan yang kita gunakan, kondisi mesin kendaraan, keterampilan mengendara pada berbagai medan dan kondisi lingkungan.

3.    Administrasi
Administrasi disini tidak akan jauh beda dengan kegiatan lainya, karena kan berhubungan dengan surat-suratan. Selain sebagai pengemudi meski memiliki SIM (surat izin mengemudi), pengemudi juga mesti melengkapi surat-surat kendaraan yang digunakan seperti STNK dan BPKB, karena selain sebagai warga negara yang baik ketika ada rajia atau operasi yang diadakan Polisi lalu-lintas maka akan celaka juga “alias kena tilang” itu akan bisa lumayan merogoh kocek kantong, tapi yang paling penting itu akan menyita waktu anda.
SIM, STNK dan BPKB sebagai pelengkap administrasi berkendara

1.    Peralatan dan Perlengkapan
Persiapan perlengkapan merupakan awal perjalanan itu sendiri. Perlengkapan kegiatan berkendara sangat penting dan erat hubungannya dengan keselamatan pengendara. Tapi tenang saja karena untuk mendapatkan peralatan tersebut tidaklah sulit, karena banyak tersedia di toko ataupun dari pedagang di pinggiran jalan. Adapun peralatan dan perlengkapan yang perlu dikenakan antara lain:
-       Helmet, ini mesti sungguh-sungguh helmet, jangan cuman buat gk kena tilang alias “takut pak polisi”. Minimal helmet standar yang sudah masuk dalam SNI.
-       Jaket, ini sangat berfungsi dalam menahan hembusan angin yang dapat menyerang daya tahan tubuh anda. Selain itu jaket ini akan melindungi tubuh kita ketika terjatuh, paling tidak dapat memperingan sakit.
-       Celana panjang, ini tidak jauh beda berfungsi seperti jaket namun ini melindungi bagian bawah atau kaki.
-       Sepatu, perlengkapan ini juga diusahakan mesti dipake karena untuk melindungi kaki kita.
-       Sarung tangan, selain untuk menghindari dari sengatan matahari yang dapat membuat kulit kita gosong, sarung tangan ini melindungi juga saat kita terjatuh.
-       Mantel atau rain coat, ini sangat penting dibawa ketika musim hujan.
-       Body protector, perlengkapan ini walaupun didesain untuk pengendara motor cross tapi bisa juga dipake oleh pengendara dijalan raya, karena selain untuk menahan angin juga untuk menahan dari benturan.
-       Kunci-kunci dan dongkrak atau perlengkapan bengkel, penting sekali peralatan ini dibawa apalagi dalam perjalanan jauh atau menuju tempat yang jauh dari pemukiman atau bengkel seperti desa terpencil atau bahkan hutan.
-       Cadangan suku cadang, tentu tidak semua sku cadang bisa dibawa, tapi paling tidak suku cadang yang memang rawan rusak dan mudah untuk dibawa, seperti busi, sambungan atau kancing rante, ban serep untuk mobil dan suku cadang lainnya deh.
-       Sabuk pengaman, ini sangat penting untuk pengendara roda empat atau mobil.
-       Segitiga pengaman, ini biasa digunakan saat keadaan mobil sedang mogok ataupun harus berhenti di jalan.

perlengkapan berkendara persi riobelajar

Ada juga perlengkapan yang dilarang untuk digunakan, seperti dalam UU No 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Umum pada pasal 58 yang berbunyi “Setiap Kendaraan Bermotor yang dioperasikan di Jalan dilarang memasang perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas”.

1.    Makanan atau Bekal
Memang agak lucu kedengarannya, tapi ini sangat penting untuk perjalanan jauh, selain bisa lebih irit, ini juga akan menambah pengalaman atau kesan tersendiri. Bisa celaka juga memang ketika perut kita kosong dan tidak ada warung atau tempat makan, ini khususnya bagi penderita magh, jadi perbekalan juga penting dan berpengaruh terhadap tingkat kecelakaan lalu-lintas.

2.    Packing
Kenyamanan berkendara juga tergantung bagaimana kita ngepack barang yang kita bawa dan ada pada kendaraan. Dan ketika packing kita tidak benar maka akan mengganggu kenyamanan berkendara dan dapat juga menimbulkan kecelakaan lalu-lintas.

3.    Anggaran Biaya
Bagi yang hidupnya sedikit pas-pasan “maaf ya” ini sangat penting. Kita mesti merinci secara detail barapa perkiraan biaya yang akan kita keluarkan mulai dari bahan bakar kendaraan, untuk makan, dan biaya-biaya lain yang diperlukan, kita juga mesti ada anggaran untuk biaya tak terduga.

I.      Sekenario Operasi
Yang dicantumkan dalam sekenario operasi adalah:
1.    Peta Lintasan
Peta ini memberikan tentang informasi jalur lintasan yang digunakan, akan lebih bagus jika dilengkapi dengan informasi dimana saja terdapat POM bensin, tempat makan, tempat instirahat, tempat yang rawan dan berbahaya, keterangan medan. Untuk yang ekonominya bagus bisa juga dengan menggunakan GPS.

2.    Jalur Evakuasi atau Jalur Alternatif
Jalur ini jalur yang digunakan untuk membawa korban ketika ada yang terjadi kecelakaan, juga bisa digunakan untuk memotong jalan karena jalan utama macet, atau ada kegiatan yang menghadang.

3.    Perhitungan waktu
Berdasarkan peta lintasan, maka dibuatkanlah perhitungan waktu. Disini kita buat skema perjalanan, berapa waktu yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan, dihitung juga waktu istirahat dan yang lainnya.

II.    Laporan Perjalanan
Ini memuat semua hasil perjalanan yang telah kita lakukan, laporan ini bukanlah suatu yang formal atau bagaimana seperti laporan yang lainnya. Laporan yang saya maksud disini adalah evaluasi dari perjalanan yang kita jadikan pelajaran untuk perjalaan kita khususnya, dan alangkah baiknya jika kita bisa mempublikasikan laporan atau pengalaman kita dalam bentuk tulisan yang bisa diakses oleh banyak orang. Hal kecil tapi sangat bermanfaat karena itu bisa menjadi literatur bagi orang lain untuk melakukan perjalanan dengan berkendaraan. Ini kan salah satu tugas blogger untuk memberi informasi terhadap orang banyak.


Nah perlu kita ketahui bahwa safety riding itu bukan saja mengutamakan dan menghindar dari sebuah kecelakaan lalu-lintas, tapi hal yang sangat penting adalah kenyamanan berkendara bagi kita sebagai pengendara khususnya dan pada umumnya bagi pengendara lainnya, pengguna jalan lainnya, jalan ataupun lingkungan. Tidak bisa dipisahkan memang antara manusia, kendaraan, jalan atau lingkungan, karena semuanya memiliki hubungan yang sangat erat dalam sebuah perjalanan. Seperti dikatakan dalam UU No 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan bahwa “keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan adalah suatu terhindarnya setiap orang dari risiko kecelakaan selama berlalu lintas yang disebabkan oleh manusia, kendaraan, jalan, dan / atau lingkungan”.
Jangan pernah juga punya pemikiran kalau kalian ini memenuhi tata tertib dan peraturan itu hanya untuk menghindari dari hukuman, tapi harus punya pemikiran semuanya untuk safety riding.

Ingat Jalanan tak mungkin ditaklukan,
Manusia hanya mampu menyelaraskan dirinya dengan jalanan atau lingkungan,
Jelajahilah jalanan dengan kerendahan hati dan ketinggian budi pekerti


Brosur keselamatan berkendara bag 1dari PT Astra Honda Motor
Brosur keselamatan berkendara bag 2 dari PT Astra Honda Motor
Nah ini adalah hasil dari wawancara dengan beberapa responden yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia dengan menggunakan Facebook. Di bawah ini adalah jawaban dari pertanyaan yang berkaitan dengan ritual atau kebiasaan yang biasa dilakukan sebelum berkendara, pengalaman kecelakaan dalam berkendara, faktor penyebab kecelakaan versi responden, dan tips atau pesan untuk para pengendara supaya mereka selamat dalam perjalanan. Tulisannya memang sedikit unik karena banyak bahasa dan penulisan yang disingkat, karena ini asli di copy paste dari chat yang merupakan fasilitas yang digunakan untuk wawancara terhadap responden.

Figi Ala Gita (KALBAR)
-       Pengalaman kecelakaan : liat jln mulus ngebut tidak kira-kira,tiba-tiba pas jembatan ada lobang kecil sih, hilang kendali dan jatoh, celna sama jaket sobek.
-       Tips : Santai saja bawa kendaraannya dan konsentrasi saja sama jalan

Diah Ayu Lestari (LAMPUNG)
-       Pengalaman kecelakaan : gara-gara lupa kasih lampu sen waktu mau belok kanan
-       Tips : intinya pake helm standar, kalo bisa pake jaket, kalo bawa mobil jangan lupa pake sabuk pengaman

Depi Natalia (KALTENG)
-       Pengalaman Kecelakaan : kecelakaan pertama, gara2 didahului oleh mobil yg mau belok... yang kesdua dan seterusnya kurang hati2...ngerem mendadak...
-       Tips : kalo naik motor usahakan sebisa mungkin ga menggunakan hp, konsentrasi penuh, kalo bs abaikan kata2 orang yg lg boncengan sm kita (kalo ga perlu2 amat) krn itu jg ganggu konsentrasi, kalo blm punya SIM mending cpt bkn dech...ntr kalo kecelakaan malah bakalan ribet masalahnya, kalo lg hujan usahakan bawa motornya pelan2 az aplg kalo ban nya gundul itu sangat bahaya,,,

Inakrisna Utomo (KALTIM)
-       Pengalaman Kecelakaan : 2x sch yg prtama sktr 2 thn yg lalu akibat angkot yg ngrem mendadak bt ngmbil penumpang  nach aq yg dbelkangx ga s4 ngrem jd nabrak bemper belkg nach aq dtabrak sma mbil yg blakang, Yg k2 sktr 2 bln yg lalu akibat dpotong jln ma motor yg belok ga pke tanda jd lgsng ngrem mendadak. Jatuh dch
-       Cerita : Klo aq slama nie byk dgr sch crita yg akibt kcelakaan krna tlp n sms...  stuju bgt tu ma praturan yg ngasih denda bt tlp n sms...
-       Tips : Jgn telp n sms smbl djln slain mengganggu pngguna jln yg lain alias mnghambat jg mmbahayakn diri sndiri.

Novi etika fight (YOGYAKARTA)
-       Pengalaman Kecelakaan : pernah jatuh gara2 ngebut,hehe..
-       Penyebab Kecelakaan Persi Novi : 1.ngebut, 2. tdk mematuhi aturan lalu lintas (marka jalan, traffic light)
-       mengurangi kecepatan berkendara n lebih patuh lalu lintas. yg dulu aq berani kec 90-100..n kec biasa 60-70...kalo terpaksa mau ngebut (terutama yg cewek) harus perhitungan jg,,jgn asal ngebut..kalo mau nyelip(mendahului) harus sopan n hati2

Nyonk an forestry (MALUKU UTARA)
-       Pengalaman Kecelakaan : itu waktu ngebut malam miggu biasa ada balapan liar...sampe skarng aja,,,klo  berkndaraan nggak bisa lama2 megang stir motor ,,soalnya keram tangan aku
-       Tips : intinya hati2 aja n yg pling pnting  jng ngebut patuji rambu lalu l;intas,,,n jga perlngkapan berkndaraan dalam hal ini helm n lain2

Silvy Jabar (KALTIM)               
-       Ritual sebelum berkendara : ada baca doa sebelum brangkta n memohn keselamatan
-       Pengalaman Kecelakaan : karna jalanya yang licin berkerikil karna truk pengangkut bhn proyek dan remnya yang ga makan
-       Penyebab Kecelakaan : kondisi mtr yang tak stabil, kebanyakan sih bnyak faktor,,,tapi yang paling penting faktor si pengendaranya kak yng pling utma mnurut q,,,
-       sebelum menaiki kendaraan cek dulu kondisi mtr smuanya, jngn mengendarai motr dalam keadaan ngantuk

Lintang Praba Rinjani (JATIM)
-       Pengalaman Kecelakaan : ditbrak dari depan,,sama2 naik motor,,, intinya yang nabrak tadi ngehindari jalan yang berlubang,,,eh tapi malah nabrak motor yng ad di depannya,,,
-       Penyebab Kecelakaan : kebanyakan sih bnyak faktor,,,tapi yang paling penting faktor si pengendaranya kak yng pling utma mnurut q,,,
-       Tips : ikuti peraturan yang ad aj,,,biar agak ribet pake ini lah itu lah,,,tapi peraturan berkendara yang ada kan dibuat untuk kebaikan bersama,,,

Vey Thea (JABAR)
-       Ritual sebelum Berkendara : kadang kadang gimana lg ingetnya aja, biasanya kalo inget ya baca basmallah niat dlm hati tapi sering lupa si
-       Pengalaman Kecelakaan : dengan motol yang br ku pake di tikungn jatuh gra2 mtornya memiliki dobel cakram, dan blm knal mtorny......trus yang kedua aku ngantuk di tikungan saat kendarai mobil bawa barang dagangan, ya nyenggol mobil lain dah....pas lagi mudun bawa vespa sesvan rem tiba-tiba blong sampe2 nbrak pupuk kndang d pnggir jln.
-       Tips : inti tips dari saya intinya saya salut dengan filmnya thecangcuter, the tarikjabrig, kesadaran intinya mah buat keselamatan sendirinya memakai helm dan taati lalu lintas yang lainya....tak lupa TT DJ ROMA IRAMA,,,,,atri ati di jalan salam ka ema

Misra Syarif Forester (PALU)
-       Pengalaman Kecelakaan : tu mobil khn dari lorong mo msuk k jalan besar....langsung aja msuk gk liat2 dlu..aku khn berda d jln besar,,kira'in tu mobil mo ngerem,,ekh malah langsung msk..aku rem sich,,tp dh gak smpt,,coz dah terlalu dekat...ekh tabrakan de..
-       Penyebab Kecelakaan : ya..karena kurang hati-hati...
-       Tips : buat mereka para pngndara..yach hati2 aja de..jgn ngebut2,,jgn mengambil jln org lain..n ikuti aja peraturan jaln...

Fitra Palembanica Bengkuluensis (BENGKULU)
-       Pengalaman Kecelakaan : sebelum jatuh ada dapat sms...dalam kaadaan kencang jalan pun bnyak lubang ( waktu itu d dkat lubang ada gundukan koral) ujang ambil hp d kantong celana pas lg baca motor oleng,motor lari arah gundukan,,nabrak n jatuh deh
-       Penyebab Kecelakaan : kesalahan pribadi......fsilitas lalu lintas
-       Tips : pakai alat keamanan yang suda SNI saat mengendrai motor,,patuhi rambu2 llu lintas..kalau ada telepon or sms berhenti dulu...

Rhiena Aza (BENGKULU)
-       Pengalaman Kecelakaan : intinya itu karna gx hati2....sebabnya yach karna gx menaati peraturan lalu lintas,,,,,,kami berboncengan
-       Tips : ati2 za deh klo berkndara, jgn lpa jga taati praturan n ingat jngn gra2 tkut d tlang, tp untuk kslmtan.

Novianti Mira (PADANG)
-       Pengalaman Kecelakaan : jatoh gara2 jalan licin.....paling dari kondisi ban kali ya yang udah licin jga,w nya kurang hati2 bisa jadi
-  Penyebab Kecelakaan : faktor utamanya saya kira tergantung dari kesadaran si pengendara terhdap peraturan yang telah ada
-       Tips : periksa kendaraan n perlengkapan sblum brgkt, n patuhi peraturan.

Febrina Baroez (SUMATRA UTARA)
Selain gk pnya kndaraan, aq jga gk bisa bawa kndaraan,
-       Pengalaman Kecelakaan : Aq gak prnah celaka krna sapa yg bw aq.. q cerewetin trus..
-       Penyebab Kecelakaan : gak hati2.. jalannya rusak.
-       Tips : ya hati2 lah klo berkendaraan.. jgn bergadget klo lg berkendara.. mw itu nelfon atw sms an.. palagi maen pesbuk..

Elvi Syahri (RIAU)
-       Ritual sebelum Berkendara : plg cm bca bismillah
-       Pengalaman Kecelakaan : tak sdar jg wkt itu, tba2 da d rmh skit,,,, tpi kykna kurg hti2....
-       Tips : sblm brkt jan lp baca doa.....turz krgi kecptan n jagn maen hp

Cherly de Fretes (MALUKU)
-       Pengalaman Kecelakaan : aq blm penah tuh, soal a aq gk ska brkendara.....hehehehe..
-       Penyebab Kecelakaan : tidak bs kendalikan diri. ingin cari perhatian,..
-       Tips : mampu kendalikan diri,jangat ngebut karna jalan hidup masih panjng, takut Tuhan.

Gino Drismayano SHut (BANGKA BELITUNG)
-       Ritual Sebelum Berkendara : baca doa
-       Pengalaman Kecelakaan : nyalip mobil dtikungan, taunya depan ada mobil yg berlainan arah, jadi banting kanan dan masuk saluran air pinggir jalan.
-       Penyebab Kecelakaan : nyebrang, nyalip, belok tanpa lihat kanan kiri
-       Tips : disiplin n ikuti prosedur dan aturan berkendara... serta baca doa menurut agama dan kepercayaan masing2 sebelum berkendara

Banyak sekali inti atau pelajara yang bisa kita ambil dari beberapa hasil wawancara denga responden. Dan mudah-mudahan tulisan ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi safety riding. Awali dengan do’a, rencanakan, cek kembali, lengkapi perlengkapan, hati-hati, kontrol kecepatan, kenali medan, tertib, disiplin, konsentrasi, tenang, ramah, sopan, dan masih banyak yang lainnya. Selamat jalan dan selamat mencoba...........!

24 komentar:

  1. Bagus sekali postingannya. Lengkap dan informatif. Semoga sukses....

    BalasHapus
  2. iy sip makasih banyak, sasaran paling utama adalah informasi ini dapat bermanfaat, dan adanya silaturahmi antar blogger....!

    BalasHapus
  3. informasi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar kita,,jadi bukan hanya di blogger saja...

    BalasHapus
  4. sip,,, mudahan bisa berkreasi lagi di tulisan-tulisan selanjutnya...

    BalasHapus
  5. thanks buat infonya...
    bermanfaat banget apalagi buat pengendara pemula..

    sukses ya....

    BalasHapus
  6. Bagus tulisannya...thanks infonya :)
    tp..Yaaach...hasil wawancaranya dimuat semua dengan apa adanya...hahahaha..salut dech...:D

    BalasHapus
  7. siip siip..
    prepare heula saacan mangkat perlu pisan..
    bukan ketika mau bawa motor ato mendaki saja..
    tp dalam segala hal juga d perlukan prepare..
    d tunggu tulisan lanjutannya..

    BalasHapus
  8. Postingan bagus. Selamat. Semoga sukses...

    BalasHapus
  9. siiipp bgt deh postingannya jadi malu liat punya sendiri hihihi

    BalasHapus
  10. siiip...
    i like it...

    smga bsa bermanfaat..
    bagi pembaca yang blum pernah kecelakaan...

    BalasHapus
  11. Mari kita bersama-sama mengkampanyekan gerakan safety riding

    BalasHapus
  12. komplit banget bro... sumpah, semoga tulisan ana yang menang

    BalasHapus

  13. saya mendukung safety riding sobat...
    safety riding untuk keselamatan bersama.

    ditunggu kunjungannya..

    http://inifu.blogspot.com/2011/01/utamakan-safety-riding-untuk.html


    BalasHapus
  14. lengkap dengan wawancara dari narasumber di berbagai daerah hebat hebat...

    jangan lupa mampir www.marketplus.co.id

    BalasHapus
  15. he em lengkap banget, informasi yang bagus :)

    BalasHapus
  16. wah mas rio mentep banget tulisannya..
    ebat..salut deh buat mas yang satu ini..
    di tunggu ya
    http://chfajrin.wordpress.com/2010/12/21/berkendara-keselamatan-dan-tata-krama/

    BalasHapus

  17. Jika setiap pengendara selalu menerapkan safety riding, kecelakaan pasti semakin berkurang.



    Ditunggu komentar baliknya ...

    1. Utamakan Safety Riding Untuk Keselamatan Bersama

    2. Jaga keselamatan Anak Dengan Safety Riding

    BalasHapus
  18. mantapz n trs b'krya,,
    info lbh lnkap!!!

    BalasHapus
  19. Tulisana sae pisan...raos lah. Sistematis oge. Calon (tos janten panginten) manager yeuh

    salam kenal ti urang kuningan oge
    http://solihudinsolih.blogspot.com/

    BalasHapus
  20. thanks semuanya.....
    mudahan kita semua menjadi manusia yang termasuk kedalam golongan manusia yang berguna bagi orang banyak..........

    BalasHapus