25 Maret, 2010

gintung

Kamus Jenis Tanaman
Bischofia javanica Bl., famili Staphyleaceae.
Nama Daerah
Bintungan, gadog, gelintungan, gintung, gintungan, glintungan (Jw); bintungan, cingkam, gerinjing, gerunjing, kerinjing, kunjing, sikam, tingkam, tingkem (Smt); keyawu, marintek, polo, tepalu, umba(Slw); ie, inggedi, kalmote, mangatu, sekutin, terangan, k. (Mlk); bembuk, bumbuk, inggedi (IJ); gintungan, perabu (NTB); gintung, na, noar, watung (NTT).
Daerah Penyebaran
Seluruh Jawa, seluruh Sumatera kecuali Riau, seluruh Sulawesi, Maluku, lrian Jaya, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur.
Habitus
Tinggi pohon dapat mencapai 35 m dengan panjang batang bebas cabang 20 m, diameter sampai 60 cm, tidak berbanir. Kulit luar berwarna coklat tua, beralur dan mengelupas banyak kecil-kecil tebal, mengeluarkan getah berwarna merah.
Ciri Umum
Warna
Kayu teras berwarna coklat-merah sampai
coklat-ungu. Kayu gubal berwarna coklatkelabu
atau coklat pucat dan mempunyai batas yang
jelas dengan kayu teras.
Tekstur
Tekstur kayu agak kasar dan merata.
Arah serat
Arah serat umumnya berpadu, kadang-kadang
bergelombang.
Kesan raba
Permukaan kayu agak kesat sampai agak licin.
Kllap
Permukaan kayu agak kusam sampai agak
mengkilap.
Garnbar
Pada bidang radial tampak samar-samar
berselang-seling jalur-jalur berwarna getap dan
terang yang ditimbulkan oleh arah serat yang
berpadu.
Informasi Lainnya

PENGERJAAN:
Pengalaman di Malaysia menunjukkan bahwa kayu gadog agak sukar digergaji, tetapi menurut keterangan di India tidak sukar digergaji jika kayunya dalam keadaan segar. Pengujian sifat pemesinan menunjukkan bahwa jenis kayu ini dapat dibor dan dibuat lubang persegi dengan hasil sangat baik, serta dapat diserut, dibentuk, dibubut dan diamplas dengan hasil baik sampai sangat baik.

KEGUNAAN:
Kayu gadog dapat dipakai untuk bangunan perumahan, jembatan atau pertambangan dan ternyata cukup awet jika terlindung dari pengaruh cuaca, antara lain untuk jembatan yang diberi atap, bahkan juga untuk mebel. Jika dibuat papan tipis jenis kayu ini mudah pecah dan melengkung, karena nilai penyusutannya besar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar