25 Maret, 2010

kempas

Kamus Jenis Tanaman
Koompassia malaccensis Maing., famili Caesalpiniac
Nama Daerah
Enggeris, gemeris, goraci, inggeris, kayu batu, kempas, kempas angin, kempas rawang, kompas, kumpas, madang koran, mengeris, menggeris, menggeris rawang, menggeris talang, ngeris, ngeris abang, nyari, paniasi, tumaling, turturan batu (Smt); ampas, bengaris, berniung, empas, gemaris, gembris, hampas, impas, kampas, kempas, mengerih, menggeris, pah, sabanting, umpas (Klm).
Daerah Penyebaran
Seluruh Sumatera kecuali Bengkulu, seluruh Kalimantan.
Habitus
Tinggi pohon sampai 45 m dengan panjang batang bebas cabang sampai 32 m, diameter 90 cm atau lebih, batang lurus berbanir sampai tinggi 3 m, kulit luar berwarna kelabu atau putih-kuning, kadang-kadang merah-coklat, tidak beralur dan kebanyakan tidak mengelupas.
Ciri Umum
Warna
Kayu teras berwarna merah-coklat dengan pembuluh
yang dikelilingi parenkim tampak seperti
garis-garis berwarna coklat-kuning. Kayu gubal
berbeda nyata dengan kayu teras, berwarna kuning
muda atau agak kecoklat-coklatan, lebar
3-8 cm, biasanya 3-4 cm.
Tekstur
Tekstur kayu sangat kasar.
Arah serat
Arah serat berombak tidak teratur, sangat
berpadu.
Kesan raba
Permukaan kayu kesat.
Kilap
2
Permukaan kayu sedikit mengkilap sampai
sedang.
Informasi Lainnya

PENGERJAAN:
Karena kekerasannya yang sangat tinggi dan strukturnya yang berpadu, kayu kempas sulit dikerjakan. Jenis kayu ini lebih mudah dikerjakan dengan gergaji pita daripada dengan gergaji bundar. Kayunya sukar dibubut, tetapi dapat diserut dengan mesin sampai halus meskipun agak berbulu. Jika diamplas dapat menghasilkan permukaan yang halus, tetapi perlu didempul sebelum dipelitur. Hal ini sesuai dengan hasil pengujian sifat pemesinan yang menunjukkan bahwa kayu kempas dapat dibor, dibuat lubang persegi dan diamplas dengan hasil sangat baik serta dapat diserut dan dibentuk dengan baik, tetapi pembubutan memberi hasil yang buruk. Kayu kempas sebaiknya dibor dahulu sebelum dipaku supaya jangan pecah. Karena agak asam kayu kempas dapat menimbulkan karat pada logam.

KEGUNAAN:
Karena kekerasannya yang sangat tinggi, sedang keawetannya rendah, kayu kempas jarang dipergunakan sebagai bahan bangunan. Penduduk banyak memakainya untuk rumah (balok) alat serut, tetapi jarang untuk mebel. jenis kayu ini menghasilkan arang yang sangat baik. Kayu banir yang lebih padat, lebih berat dan lebih awet dari kayu batang banyak dipergunakan sebagai daun meja. Kayu kem pas cocok untuk lantai, terutama pada tempat dimana terdapat asam atau bahn kimia seperti dalam laboratorium. Setelah diawetkan kayu kempas cocok untuk bantalan rel kereta api, balok dan lantai gerbong,kontruksi berat dan bangunan pelabuhan \. Jenis kayu ini dapat juga dipakai untuk palet, panil dan kayu lapis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar