25 Maret, 2010

giyam itam

Kamus Jenis Tanaman
Cotylelobium spp.
Nama Daerah
Giyam itam, giyam putih, rasak, resak, resak bukit, resak daun lebar, resak linga, resak paya, resak tembaga (Smt); awang, damar resak, gagil, resak, resak babalok, resak bukit, resak duren resak durian, resak gunung, resak jawai, resak kecil daun, resak keranji, resak mendawe, resak mentotoh, resak padi, resak tembaga, resak (Klm).
Daerah Penyebaran
Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur
Habitus
Tinggi pohon 35-40 m dengan panjang batang bebas cabang 10-25 m, diameter dapat mencapai 80 cm, tinggi banir 1,5-3 m (diameter C. burckii hanya sampai 60 cm dan tidak berbanir). Kulit luar berwarna kelabu, kelabu-coklat, coklat muda, ccklat sampai coklat tua atau merah, beralur dangkal, sedikit mengelupas (C. melanoxylon mengelupas banyak). Pohon C. burckii mengeluarkan damar berwarna coklat muda sampai merah tua.
Ciri Umum
Warna
Kayu teras berwarna kuning-coklat muda atau
kuning-coklat semu-semu kelabu atau kelabucoklat
muda yang lambat-laun berubah menjadi
coklat tua bahkan hampir hitam. Kayu gubal
mempunyai batas yang jelas dengan kayu teras,
berwarna kekuning-kuningan sampai coklat muda,
lebar 1-8 cm, biasanya 4 cm.
Tekstur
Tekstur kayu halus dan merata.
Arah serat
Arah serat lurus, kadang-kadang agak berpadu.
Kesan raba
Permukaan kayu licin.
Kilap
Perrnukaan kayu mengkilap atau agak kusam.
Informasi Lainnya

PENGERJAAN:
Kayu giam sulit digergaji, tetapi agak mudah jika dipergunakan gergaji pita. Kayunya dapat diserut sampai halus, mudah dibor dan dibubut. Berdasarkan pengujian sifat pemesinan kayu C. melanoxylon dapat diserut, dibentuk, dan diamplas dengan hasil sangat baik, dapat dibuat lubang persegi dengan hasil baik sampai sangat baik, serta dapat dibor dan dibubut dengan baik.

KEGUNAAN:
Karena keawetan dan kekuatannya tinggi, kayu giam banyak dipergunakan penduduk untuk perumahan, terutama untuk tiang, baik untuk bagian yang di atas maupun di bawah tanah demikian juga dalam air tawar dan air laut. Selain daripada itu dipergunakan juga untuk semua sortimen kayu perkapalan (lunas, gading-gading, papan, pendayung). Kayunya cocok untuk konstruksi berat, pertambangan, lantai, balok-balok kecil pada gerbong, tiang listrik, bantalan, rangka pintu dan jendela.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar