25 Maret, 2010

kolaka

Kamus Jenis Tanaman
Maranthes corymbosa Bl. syn.
Nama Daerah
Kalek kureseng, kalek manu, kalek parada (Smt); batu, k., merbatu, suluh, solo, taritih, welis, wuluh (Jw); batu, k., bunga, k., kembang, k., putih bunga, siboru, sanculit (Klm); batu, k., duita, duita tutu, kolaka, kolasa, mobulanggo, bone, sampamule, waleta, waleta tauru (Slw); fake, nong, nongu (Mlk); besi, k., harluku seko (NTT); wun, kwamieny (IJ).
Daerah Penyebaran
Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, seluruh Jawa dan Bali, seluruh Kalimantan kecuali Kalimantan Barat, seluruh Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara Timur dan lrian Jaya.
Habitus
Tinggi pohon 40 m atau lebih dengan panjang batang bebas cabang 10-25 m, diameter sampai 70 cm, tidak berbanir, batang lurus. Kulit luar berwarna kelabu, beralur dangkal, mengelupas banyak, besar-besar dan tebal.
Ciri Umum
Wama
Kayu teras umumnya berwarna coklat-merah,
kadang-kadang semu-semu kuning. Kayu gubal
berwarna lebih muda dengan batas yang kurang
jelas dengan kayu teras.
Tekstur
Tekstur kayu agak kasar, tetapi merata.
Arah serat
Arah serat lurus atau berpadu.
Kesan raba
Perrnukaan kayu licin.
Kilap
Permukaan kayu mengkilap.
Garnbar
Pada bidang tangensial kadang-kadang tampak
garnbar berupa garis berbiku-biku yang disebabkan
oleh jaringan parenkim.
Informasi Lainnya

PENGERJAAN:
Kolaka tercatat sebagai jenis kayu yang sangat sukar digergaji dan dikerjakan dengan mesin karena mengandung silika, tetapi pengujian sifat pemesinan menunjukkan bahwa jenis kayu ini dapat diserut, dibentuk, dibor, dibuat lubang persegi dan diamplas dengan hasil sangat baik, hanya pembubutan saja yang memberi hasil sedang.

KEGUNAAN:
Kayu kolaka baik untuk bangunan di bawah atap seperti lantai, balok dan tiang serta baik untuk batang dan roda cikar, dan mungkin juga baik untuk mebel. Selain itu kayu kolaka dapat digunakan untuk bangunan kapal dan dermaga karena daya tahannya yang cukup baik terhadap binatang laut penggerek kayu, tetapi untuk itu sebaiknya diawetkan dahulu karena daya tahannya yang rendah terhadap jamur pelapuk kayu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar