25 Maret, 2010

keruing

Kamus Jenis Tanaman
Dipterocarpus spp., famili Dipterocarpaceae
Nama Daerah
Terdapat beberapa ratus nama daerah, antara lain: ariung, kayu kawan, kenam, keruing, kayu minyak, lagan, melengkuang (Smt); anderi, ansurai, karup, keladan, kerup, ketanggang, tempudau, tempurau (Klm); dermala, jempinang, kawang, klalar, palahlar (Jw).
Daerah Penyebaran
Seluruh Sumatera, Jawa dan Kalimantan
Habitus
Tinggi pohon dapat mencapai 50 m dengan panjang batang bebas cabang sampai 35 m, diameter dapat mencapai 120 cm, bentuk batang silindris, berbanir setinggi 1 - 2 m, pada D. confertus dapat mencapai 4 m.
Ciri Umum
Kayu teras berwarna coklat-rnerah, coklat,
kelabu-coklat atau rnerah-coklat-kelabu. Kayu
gubal berwarna kuning atau coklat rnuda sernusemu
kelabu dan rnernpunyai batas yang jelas
dengan kayu teras, lebar 2 - 10 crn.
Tekstur
Tekstur kayu kasar, kadang-kadang agak kasar
Arah serat
Arah serat lurus, kadang-kadang herpadu.
Kesan raba
Permukaan kayu agak licin atau licin, seringkali
rnelengket.
Kayu keruing rnernpunyai bau darnar yang agak
menyolok.
Informasi Lainnya

PENGERJAAN:
Sifat pengerjaan kayu keruing bervariasi menurut kadar silika dan damar yang dikandungnya. Kayu yang mempunyai kadar silika tinggi mudah menumpulkan gigi gergaji, demikian pula yang kadar damarnya tinggi sukar sekali digergaji atau diserut, terutama jika kayunya masih basah. Kayu yang sudah kering umumnya mudah dikerjakan, baik dengan mesin maupun dengan alat tangan.

KEGUNAAN:
Kayu keruing cocok untuk konstruksi bangunan, lantai, karoseri (kerangka, lantai dan dinding), bangunan pelabuhan dan bantalan kereta api. Selain daripada itu banyak juga dipakai untuk perkapalan (dek dan kulit tongkang) dan bagian perumahan (balok, tiang, papan dan kerangka atap). Untuk semua penggunaan dimana terdapat serangan jamur, serangga atau binatang laut perusak kayu, kayu keruing harus diawetkan dengan bahan pengawet yang sesuai. Setelah diawetkan kayu keruing baik untuk dipergunakan sebagai bantalan dan tiang listrik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar