14 Februari, 2010

KOMUNIKASI LAPANGAN

KOMUNIKASI LAPANGAN

PENDAHULUAN

Dalam keadaan survival jiwa anda tergantung pada 4 hal yaitu : perlindungan dari cuaca (dingin, hujan, panas), makanan, air dan regu pencari. Juga dalam kegiatan operasi, seperti operasi SAR, pendakian dalam regu, pertolongan bencana alam, komunikasi memegang peranan penting dalam operasi tersebut. Kemampuan berkomunikasi dengan orang lain sangat vital untuk dikuasai dalam berkegiatan di alam terbuka. Hal ini akan sangat terasa apabila kita berada dalam kondisi survival dimana kita harus mampu memberikan isyarat untuk memberitahukan atau meminta pertolongan pada seorang yang mungkin dapat memberikan pertolongan pada kita. Dalam materi ini akan diterangkan beberapa cara berkomunikasi yang praktis yang akan berguna langsung dalam berkegiatan alam terbuka, yaitu :

• Cara lain dalam keadaan darurat

1. Semaphore

Adalah suatu isyarat dalam penyampaian berita dengan menggunakan sepasang bendera semaphore. Untuk penyampaian jarak jauh, sejauh jarak tersebut masih bisa ditangkap mata dengan baik. Namun pada masa-masa sekarang sudah jarang dan hampir tidak pernah dipergunakan lagi, walaupun kadang-kadang berguna untuk keadaan darurat.


2. Morse

Adalah salah satu bentuk isyarat komunikasi, berupa kode kombinasi suatu bentuk panjang dan pendek yang mewakili semua huruf, angka dan tanda baca. Pada masa-masa sekarang morse ini masih digunakan terutama untuk keadaan darurat (emergency condition).

Alat yang biasa digunakan antara lain :

  • Peluit

Peluit ini biasa digunakan bentuk isyarat dinyatakan dengan suara pendek dan suara panjang.

  • Cahaya

Yang terbaik adalah cahaya lampu senter yang ditutup dengan kain merah/jingga supaya tidak menyilaukan mata. Harus dijaga supaya cahaya si pengirim bisa dilihat dengan jelas oleh si penerima. Tanda dinyatakan dengan

Penyinaran sekejap dan tanda-tanda dengan penyinaran panjang (lama).

  • Asap

Susah digunakan harus dijaga agar jelas bisa terbaca.

  • Alat Telegraph (Elektronik)

Digunakan secara luas pada waktu alat telegraph masih terpakai. Pernyataan tanda sama dengan peluit.

3. Komunikasi Radio

Komunikasi radio pada masa kini sudah memegang peranan sangat penting. Secara luas, radio dapat diartikan sebagai hubungan jarak jauh dengan menggunakan peralatan ekektronik seperti SSB, walkie talkie, pesawat CB dan jenis-jenis pemancar/penerima lainnya.

Kegunaan

Secara umum sangatlah banyak kegunaannya dari komunikasi radio yang pasti misalnya mengirimkan berita dari tempat satu ke tempat lain secara cepat. Contohnya :

  • Komunikasi radio yang dilakukan pesawat-pesawat antariksa.
  • Komunikasi antar regu pencari dan pos-pos pada opersai SAR, ekspedisi, penjelajahan, dan sebagainya.
  • Emergency, SOS dan lainnya.

Macam-Macam Komunikasi radio

Komunikasi radio secara umum dapat dibagi atas 2 macam, yaitu :

1. Komunikasi searah

Komunikasi searah tidaklah begitu mutlak diperlukan bagi siswa karena pada komunikasi searah kita hanya dapat menerima berita saja tanpa dapat mengirim atau mengirim berita saja tanpa dapat menerima. Misalnya kita mendengarkan radio board-cast atau menjadi operatornya.


2. Komunikasi dua arah

Pengetahuan komunikasi ini sengatlah penting. Misalnya komunikasi antar regu-regu SAR. Untuk jarak jauh sekali biasanya digunakan pesawat jenis SSB atau telegraph (kode morse/CW), sedangkan unutk jarak jauh menengah dan dekat biasanya digunakan pesawat jenis FM.


KOMUNIKASI KEADAAN DARURAT

a. Tanda dengan Asap atau Api

Adalah cara yang paling sederhana untuk memberitahukan kedudukan dengan api yang besar dan terang sehingga mudah terlihat pada malam hari atau asap yang tebal dan menggumpal pada siang hari. Tetapi hindarkan jangan sampai membakar hutan.


b. Cermin Survival

Cermin survival adalah sebuah cermin dua sisi yang berbentuk empat persegi panjang yang terbuat dari logam yang mempunyai dua lubang, satu ditengah dan satu dipinggir.

Cara penggunaan :

  • Pegang cermin kira-kira 10 cm didepan wajah
  • Intip objek yang dituju melewati lubang tengah cermin sehingga sinar yang melewati lubang cermin jatuh diwajah
  • Usahakan kondisi ini terus berlangsung dengan tetap mengintip objek yang dituju. Misalkan pesawat terbang atau kapal laut.
  • Pada saat itu objek akan menerima kilatan/pantulan sinar cermin tersebut. Pada cuaca terang tanda ini dapat terlihat hingga jarak 15 kilometer. Apabila cermin yang dimaksud tidak dapat digunakan potongan kaleng bekas makanan seperti sarden atau kornet.


c. Kain

Digunakan untuk memberikan isyarat dari darat ke udara, dapat dibuat dari kain putih, oranye, atau warna lain yang mencolok, mudah terlihat dan dibentuk sedemikian rupa sehingga memiliki arti yang telah disepakati bersama.


d. Isyarat Tubuh

Merupakan teknik lain komunikasi dari darat ke udara dengan gerakan-gerakan tubuh yang mempunyai arti tertentu.


e. Flare

Digunakan khusus untuk operasi penyelamatan di gunung

JENIS KODE KEADAAN DARURAT

  • SOS (diulang-ulang)

SOS merupakan singkatan Save Our Soul (Selamatkan jiwa kami), digunakan untuk memberitahukan suatu keadaan darurat

  • MAY DAY

Biasanya istilah ini dipergunakan pada penerbangan, untuk memberitahukan suatu keadaan darurat/kecelakaan di udara atau di darat (setelah mendarat) dan segera membutuhkan pertolongan.

  • SECURITY

Kode ini berarti akan dilanjutkan pesan/berita mengenai keamanan, cuaca, atau bencana alam

  • PAN
Kode ini berarti akan dilanjutkan pesan/berita mengenai keadaan-keadaan darurat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar